Selasa, 12 Maret 2013

Kena Batu Ginjal Atau Tidak? Cek di Sini

Jakarta - Batu ginjal merupakan kondisi di mana ada deposit kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Kondisi ini cukup menyakitkan bagi penderitanya. Bagaimana mendeteksinya?

Batu ginjal biasanya terbentuk dari garam mineral dan asam. Kondisi ini memiliki banyak penyebab dan dapat mempengaruhi setiap bagian dari saluran kemih, mulai dari ginjal hingga ke kandung kemih. Seringkali, batu terbentuk ketika urine terkonsentrasi, sehingga memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.

"Gejala batu ginjal biasanya sakit pinggang dan sakit saat saat pipis ketika batu turun ke ureter, ini disebut kolik," jelas Dr. Parlindungan Siregar, SpPD-KGH, dari Divisi Ginjal dan Hipertensi Departemen Penyakit Dalam FKUI, saat dihubungi detikHealth, dan ditulis pada Rabu (13/3/2013).

Menurut Dr Parlindungan, penderita batu ginjal biasanya akan merasakan sakit, pegal, atau kolik. Jika batu di ginjal bergerak-gerak, dapat menimbulkan iritasi dan membuat urine berwarna merah. Bisa juga urine berpasir karena sedikit-sedikit batu dari dalam terbawa keluar saat buang air kecil.

"Biasanya ini ada riwayat keluarga yang memiliki penyakit yang sama, namun ini tidak seperti diabetes yang menjadi penyakit keturunan. Tapi, kalau kurang minum ya bisa saja terjadi, ada kemungkinannya karena midus atau kristal kecil itu kalau menumpuk lama-lama akan menjadi batu. Ketika kita kurang minum maka urine akan menjadi pekat dan membentuk batu tersebut. Tetapi ini hanya salah satu faktor saja," tegas dr. Tunggul D Situmorang, SP.PD-KGH, ahli ginjal yang juga Direktur RS MRCCC Siloam.

Berikut beberapa gejala yang dapat dideteksi dari penyakit batu ginjal, seperti dilansir MayoClinic:

1. Sakit parah di samping, belakang dan bawah tulang rusuk
2. Nyeri menyebar ke perut bagian bawah dan pangkal paha
3. Nyeri yang 'bergelombang' dan berfluktuasi dalam intensitas
4. Terasa nyeri saat buang air kecil
5. Urine berwarna merah muda, merah atau coklat
6. Urine keruh atau berbau busuk
7. Mual dan muntah
8. Dorongan buang air kecil yang terus-menerus
9. Buang air kecil lebih sering dari biasanya
10. Demam dan menggigil jika ada infeksi

Rasa sakit yang disebabkan oleh batu ginjal dapat berubah, misalnya beralih ke lokasi yang berbeda atau intensitasnya meningkat, karena batu bergerak melalui saluran kemih.

Title: Kena Batu Ginjal Atau Tidak? Cek di Sini; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar: